12 Tips Membangun TIM yang Efektif


12 Tips Membangun TIM yang Efektif    

Manusia sebagai makhluk sosial sangat membutuhkan orang lain didalam hidupnya. Ia tak dapat hidup sendiri sebagai individu. Pun dalam sebuah kehipan manusia akan membentuk kelompok yang secara spesifik bisa dijadikan tim dalam lingkup yang lebih kecil lagi. Dalam tim dibutuhkan kerjasama yang bagus agar bisa menjadi solid dalam mencapai tujuan. Majalah pengusaha muslim edisi perdana mengulasnya secara gamblang dan dikeas dengan apik tentang tips membangun tim yang efektif.
***

Dalam lingkungan yang berorientasi pada tim, Anda memberikan sumbangan terhadap keseluruhan kesuksesan organisasi. Anda bekerja dengan anggota lain dalam organisasi untuk mencapai hasil ini.
Meskipun Anda memiliki fungsi kerja dan bagian dari departemen yang spesifik, Anda dipersatukan dengan anggota organisasi yang berbeda untuk mencapai keseluruhan sasaran. Karenanya dibutuhkan strategi membangun tim yang efektif. Terlepas bagaimana Anda menamakan upaya peningkatan yang berbasis pada tim. Jika upaya peningkatan tim tidak seperti yang Anda harapkan, checklist diagnosa diri berikut akan menjelaskan alasannya. Team building yang sukses, menciptakan tim kerja yang efektif dan fokus, perlu
memperhatikan sebagai berikut:

1. Clear Expectation - Ekspekstasi yang jelas:
Sudahkah pemimpin eksekutif mengkomunikasikan harapan untuk kinerja tim dan hasil yang diinginkan? Apakah anggota tim memahami mengapa dibentuk tim? Apakah organisasi menunjukkan tujuan yang konstan dalam mendukung tim dengan sumber manusia, waktu dan uang? Apakah pekerjaan tim menerima
penekanan yang memadai seperti yang diarahkan pemimpin eksekutif?

2. Context – Konteks
Apakah anggota tim memahami mengapa mereka berpartisipasi dalam tim? Apakah mereka memahami strategi tim akan membantu organisasi mencapai tujuan bisnis seperti yang dikomunikasikan? Bisakah
anggota tim menentukan pentingnya pencapaian tujuan korporat? Apakah tim memahami di mana pekerjaan yang sesuai dalam konteks keseluruhan dari tujuan, prinisip, visi dan nilai organisasi?


3. Commitment - Komitmen 
Apakah anggota ingin berpartisipasi dalam tim? Apakah anggota tim merasa misi tim adalah hal penting dan  memiliki komitmen untuk menyelesaikannya? Apakahanggota tim menganggap jasa mereka sama berharganya seperti organisasi dan karir mereka sendiri? Apakah anggota tim mengantisipasi pengakuan atas
kontribusi mereka? Apakah anggota tim berharap ketrampilan mereka akan tumbuh dan berkembang dalam tim? Apakah anggota tim senang dan tertantang dengan peluang tim?


4. Competence- Kompetensi
Apakah tim merasa bahwa memiliki orang yang tepat untuk berpartisipasi? Apakah tim merasa bahwa anggotanya memiliki pengetahuan, ketrampilan dan kapasitas untuk menangani isu di mana tim dibentuk? Jika tidak, apakah tim memiliki akses mendapatkan bantuan yang dibutuhkan? Apakah tim merasa memiliki sumber, strategi dan dukungan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan misinya?

5. Charter- Hak
Sudahkan tim mengambil tanggungjawab yang diberikan dan menyusun misi, visi dan strateginya untuk menyelesaikan misi? Sudahkah tim menentukan dan mengkomunikasikan sasaran berikut antisipasi hasil dan
kontribusinya? Kelompok lainmendukung apa yang sudahdidesain oleh tim?

6. Control – Kontrol
Apakah tim memiliki kebebasan dan batasan memberi wewenang untuk menyelesaikan tugasnya? Seberapa jauh anggota boleh memberikan solusi? Apakah batasan (misal, sumber dana dan waktu) ditetapkan diawal  proyek sebelum tim mengatahuihambatan dan mengerjakan ulang?

7. Collaboration – Kolaborasi
Apakah tim memahami proses tim? Apakah anggota memahami tahapan pengembangan kelompok? Dalam
bekerja, apakah anggota tim bekerja secara efektif antar persona sekaligus bisa memahami peran dan tanggungjawabnya masing-masing? Bisakah pendekatan peyelesaian masalah, proses peningkatan, menentukan tujuan dan pengukuran dilakukan bersama? Apakah anggota tim bekerja sama untuk menyelesaikan tujuan kelompok? Sudahkah tim menentukan norma-norma atau aturan perilaku dalam area, seperti resolusi konflik, konsensus pembuatan keputusan dan rapat manajemen? Apakah tim menggunakan strategi yang memadai untuk menyelesaikan rencana tindakan?

8. Communication- Komunikasi
Apakah anggota tim jelas dengan prioritas kerja mereka? Adakah metode yang ditetapkan bagi tim untuk memberikan feedback dan menerima feedbak kinerja yang jujur? Apakah organisasi memberikan informasi bisnis secara teratur? Apakah tim memahami konteks keberadaan mereka secara keseluruhan? Apakah anggota tim berkomunikasi secara jelas dan jujur satu dengan yang lain? Apakah tim membawa opini yang
berbeda-beda ? Apakah konflik muncul dan bisa diselesaikan?

9. Creative Innovation - Inovasi Kreatif
Apakah organisasi tertarik dengan perubahan? Apakah organisasi menghargai pemikiran kreatif, solusi unik, dan ide baru? Apakah organisasi memberikan penghargaan pada mereka yangtelah mengambil resiko untuk
membuat peningkatan? Apakah organisasi memberikan pelatihan, pendidikan, akses buku dan film dan kunjungan lapangan untuk menstimulasi pemikian baru ?

10. Consequences-Konsekuensi
Apakah anggota tim merasa bertanggung jawab atas pencapaian tim? Apakah penghargaan dan pengakuan
diberikan saat tim berhasil dan adakah organisasi mendesain sistem penghargaan itu? Apakah anggota tim menghabiskan waktunya saling menunjuk daripada menyelesaikan masalah?

11. Coordination-Koordinasi
Apakah tim dikoordinasi oleh kepemimpinan tim terpusat? Sudahkah prioritas dan alokasi sumber direncanakan dilintas departemen? Apakah tim memahami konsep internal customer? Apakah tim lintas fungsi dan departemen bekerja sama dengan efektif? Apakah organisasi mengembangkan proses fokus pada pelanggan, orientasi dan meninggalkan pemikiran tradisional?

12. Cultural Change - Perubahan Budaya
Apakah budaya organisasi dimasa depan akan berbeda dari yang tradisional? Apakah organisasi sedang  merencanakan reward, pengakuan, appraisal, rekruitmen, pengembangan, perencanaan, motivasi dan
mengelola orang yang dipekerjakan?

Luangkan waktu dan perhatian pada 12 tips untuk memastikan kontribusi tim kerja yang efektif untuk keberhasilan bisnis Anda. Bisakah kehidupan kerja Anda jauh lebih baik daripada ini?

No comments:

Post a Comment