Menciptakan Produk yang Menjual


Menciptakan produk yang Menjual

Produk menjadi andalan setiap pengusaha yang menjual sesuatu. Jenis dan kemasan akan sangat mempengaruhi pasar yang saat ini bisa dikatakan terus berlari karena banyak produk bariu bermunculan. Kreatifitas para pengusaha sangat signifikan berpengaruh untuk hasil yang maksimal. Dalam artikel majlah pengusaha muslim edisi perdana ini kita mengetengahkan produk yang menjual dan menarik konsumen.

***

Dari sini semuanya bermula.  Apakah nasihat ini dilakukan atau tidak. Yang pasti pengusaha setuju bahwa tidak ada bisnis yang dapat bertahan tanpa passion. Passion adalah isu emosional. Seperti layaknya
bisnis dan penciptaan produk yang akan mempertahankan bisnis harus dimulai dengan apa yang kita ketahui dengan baik.


Pengusaha memiliki gaya bisnis dan pendekatan yang beragam. Masing-masing berdasarkan teknik yang diajarkan oleh lingkungannya yang memungkinkan membuat keputusan dan deviasi. Namun ada metode umum yang telah teruji disemua bisnis dan tanggapannya terhadap penciptaan produk:

1. Setahap demi setahap. 
Seperti halnya  meciptakan pekerjaan yang aktual, dimulai dengan perencanaan yang sangat hati-hati. Mulai dan tuliskan. Buatlah rancangan produk yang ada dipikiran Anda. Dengan
menulisnya Anda akan berhadapan langsung dengan ide. Apa yang sebelumnya abstrak menjadi lebih hidup.
Anda dapat menambahkan, mengurangi, memperkaya, mempelajarinya dari semua sudut yang memungkinkan, membuat revisi dan alternatif atau terkadang menulis ulang hingga apa yang sebelumnya hanya berupa ide menjadi sebuah bentuk.

2. Gunakan waktu Anda dan nikmati rencana Anda.
Terburu-buru hanya akan menciptakan hasil yang tidak diinginkan.

3. Spesifik. 
Buatlah katakunci yang spesifik. Jangan lupa menyertakan daftar pertanyaan berikut. Apakah tujuannya? Rencana apa yang ingin Anda raih?

4. Penciptaan produk ditujukan untuk kebutuhan tertentu yang tidak ada dipasar.
Jika sebuah produk telah memilikinya, versi Anda harus menawarkan sesuatu yang baru, sehingga
menimbulkan ketertarikan dan memberikan alternatif tertentu yang dapat bertahan lama daripada yang sudah ada. Semakin populer ketersediaan produk, akan semakin baik untuk pengenalan produk Anda di pasar dan penerimaannya


5. Penciptaan produk harus membidik segmen pasar tertentu
Yang terbaik adalah mengidentifikasi sebuah produk dengan segmen yang lebih kecil. Misal, kelompok usia
yang ingin Anda dapatkan: pria atau wanita, kelas/status konsumen yang Anda bidik. Ini akan membantu Anda untuk tetap fokus.

6. Jika Anda seorang pembelanja
Anda akan menemukan bahwa produk baru akan dengan mudah tersesat di hutan belantara produk yang telah ada. Jika Anda mengunjungi toko online, Anda akan berpikir bahwa semua produk yang tersedia untuk dikonsumsi telah ada di luar sana. Tapi mimpi masih menghantui Anda. Anda tahu sesuatu masih bisa dilakukan. Jadi, elemen apa saja yang dapat meningkatkan kesempatan produk Anda agar bisa melakukan penentrasi pasar?

7. Mencoba ceruk pemasaran.
Ceruk pemasaran adalah menempatkan produk Anda pada kategori khusus untuk memenuhi keinginan tertentu. Beberapa strategi yang telah diuji menemukan tempat di hati konsumen. Misalnya, produk rendah karbohidrat, rendah kalori, protein tinggi, bebas gula, tanpa lemak, menambah energi, tahan lama, dan sederatan lainnya. Ceruk pemasaran membuat produk Anda lebih spesifik bagi orang dengan kebutuhan spesifik.

8.Memberikan nama.
Bagian yang sulit telah dilewati. Kini saatnya memberi nama  produk. Sebuah poin yang perlu dipertimbangkan adalah katakata yang mendatangkan ide. Misalkan disebutkan: awan gelap datang. Ide yang muncul dalam pikiran adalah angin dingin, hujan, atau bahkan akan datang badai. Seseorang tidak harus beranjak keluar dan melihatnya. Ide sudah ada disana. Sebaliknya, dengan segera mengambil kata, ide akan kehilangan maknanya. Akan kehilangan identitasnya dan tidak menjadi apapun. Inilah mengapa nama menjadi sangat penting. Begitu juga dengan label serta pengemasan. Mudah untuk mengingat nama yang pendek adalah hal yang menakjubkan  terlebih jika kemasan produk sangat menarik. Terkadang, tidak peduli apa yang dibilang orang bagus dan dot.com yang atraktif yang menarik trafik produk Anda sehingga dapat memperkaya nilai yang diterimanya.

9. Ucapkan lagi.
Pengulangan yang konstan. Pengulangan dipikiran. Ini adalah maksud dari pertempuran. Ini sebabnya,
mengapa firma marketing memperpanjang pemasangan iklan. Bagi beberapa produk, newsletter dan brosur dapat

10. Segera Bertindak. 
Anda telah memiliki semuanya untuk diluncurkan. Canel distribusi telah diputuskan, model distribusi juga telah dipilih. Anda membuat produk Anda tersedia, visibel dan kompetitif.

Kemudian Anda menahan nafas. Pada saat produk dikenalkan, pangsa pasar yang luas akan bereaksi. Ketika hal itu terjadi, daya tahan produk akan tergantung pada seberapa bagus produk Anda seperti yang
dijanjikan. Sekarang yang perlu Anda khawatirkan adalah keuntungan kompetitif yang Anda dapatkan.

No comments:

Post a Comment