Bisnis Toko Online - Dari Distributor Menjadi Jutawan


Bisnis Toko Online - Dari Distributor Menjadi Jutawan

Satu lagi cara paling mudah dengan modal minimal yaitu kita membuka TOKO ONLINE. Kenapa modal minimal? Iya karena kebanyakan kita telah mempunyaiperangkat yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini. Bisa menggunakan HP, Smartphone, Netbook, Tab, dan lain sebagainya. Contoh nyata yang telah sukses di biddang ini adalah teman kita yang satuini. Siapa dia? Mari kita simak artikel menarik berikut.

***
Berjualan via dunia maya menjadi tren saat ini. Efiensi dan efektivitas menjadi alasan yang sering diutarakan. Masalah pemasaran, sudah tentu lebih murah dibanding dengan offline. Dari kepraktisan membeli, konsumen lebih dimudahkan. Tinggal lihat di layar monitor, pilih barang, pesan online, dan bayar.

Barang pun tinggal ditunggu kedatangannya. Pelaku bisnis online ada pula yang menjalaninya dengan sedikit modal. Seperti yang dilakukan Gunaris, dia menjual barang milik pihak lain melalui website-nya. Gunaris sebenarnya tidak berniat melakukan jual beli online. Di website gratisannya, saat itu, Gunaris lebih banyak sharing informasi soal Global Positioning System (GPS).

Gunaris seorang engineer dari jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS). Suatu kali dia mengikuti lomba di ITB dan menemukan telepon umum uang kertas. Karena ciptaanya itu, dia diminta sebuah perusahaan mitra Telkom untuk menjadi wakil kepala divisi telekomunikasi. Sebelumnya, dia
menjadi koordinator riset. Dari situ, muncullah greget baru di pikirannya. “Saya sudah berjuang banyak untuk perusahaan, tapi hasil buat saya kurang bagus,” katanya.

Dia pun membuat peta-peta sederhana. Lalu, datanglah sebuah distributor dengan membawa unit GPS Garmin yang belum ada peta di dalamnya. Oleh distributor itu, Gunaris diminta mengisinya dengan peta, sekalian menyetok barang. Jika ada yang ingin beli GPS berpeta, distributor akan mengarahkan kepada Gunaris. Di sela-sela mengisi website pribadinya, ternyata rekan-rekan sharing Gunaris mengajukan pembelian GPS Garmin. Walaupun, saat itu, dia tidak terang-terangan menjual. “Modalnya kepercayaan,” ungkapnya. Berangkat dari situ, akhirnya, Gunaris memberanikan diri untuk jualan secara online. Itu tanpa modal yang berarti.

Awal berjualan online, masih sulit mendapatkan pembeli. Laba yang diterimanya hanya Rp 100 ribuan tiap unitnya. Karena belum punya alat transportasi, tidak jarang Gunaris mengantarkannya menggunakan angkot. “Bahkan, pernah naik turun 10 angkot untuk mengantarkan barang,” kenangnya. Demi meningkatkan profesionalitas, Gunaris membuat website resmi dengan alamat www.otomasi.com. Bukan hanya GPS saja yang dijual sekarang. Tapi, berbagai peralatan elektronik tersedia di sana. “Seiring bertambahnya modal, sekarang toko online saya sudah menerapkan stok barang,” kata lelaki yang kini memiliki omzet jutaan.

Persaingan antara toko online pun semakin marak. Aneka produk turut dipasarkan. Namun, buat Gunaris, itu bukanlah halangan. Ada dua hal yang diterapkannya. Pertama, jangan menjatuhkan. Sekali menjatuhkan dan banyak orang yang tahu, justru orang semakin tidak simpati. Kalau pemilik toko online justru ikut membantu sebagai teman –dan bukan rival— bisa meningkatkan simpati pemakai internet. Di saat banyak orang melek internet dan teknologi seperti sekarang ini, cara-cara kasar dengan komparasi atau menjelekkan, bukan cara yang menarik.

Kedua, berikan pelayanan yang terbaik. “Contohnya, saya jualan GPS. Ada yang tidak bisa menyalakan GPS. Kalau kita sih itu sesuatu hal yang konyol. Tapi dia customer kita. Dia yang telah memberikan rejeki ke kita, meskipun tidak sebanding dengan komplain dia ke kita. Tapi, bagaimanapun juga, harus dilayani dengan baik. Niatkan sebagai mengajar. Tidak semua bisa dihitung sebagai untung rugi. Kalau semua dihitung untung rugi, maka jika dia terlalu banyak komplain, bisa jadi kita tidak melayani lagi,” ujarnya sembari senyum.

Kiat Praktis Memulai Toko Online
Pada prinsipnya, membuat toko online dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Baik itu di kantor, di waktu senggang, di rumah, dan di mana pun kita berada membangun toko di internet itu keniscayaan. Bayangkan saja, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 25 juta orang. Angka ini menunjukkan, ada pangsa yang bisa digarap untuk menjadi konsumen toko online. Pertumbuhan pengguna internet turut dipicu tarif akses yang semakin murah. Konsumen yang dituju tidak hanya dari domestik. Masyarakat dunia pun bisa mengakses toko online di mana pun dia berada. Toko online memberikan kenyamanan dan keamanan konsumen dalam membeli barang.

Tidak perlu repot sewa toko. Sepanjang alamat jelas dan dapat dibuktikan, orang akan percaya. Tersedianya fasilitas internet banking dan jasa pengiriman, turut memudahkan transaksi. Dari sisi promosi banyak website iklan, yang bisa dimanfaatkan untuk menawarkan produk yang dijual. Menariknya lagi, kebanyakan gratis.

Untuk mengawali toko online, Anda bisa mempersiapkan hal-hal berikut ini:
  1. Komputer atau notebook yang dilengkapi dengan modem HSDPA dan akses internet unlimited (internet dengan biaya tetap perbulan).
  2. Memiliki alamat jelas yang dapat dibuktikan secara umum, dan nomor ponsel yang digunakan.
  3. Anda perlu website sebagai etalase produk dan informasi. Sangat disarankan, Anda memakai domain sendiri dalam membuat toko online dan email. Perlu juga Anda menyiapkan yahoo messenger sebagai sarana komunikasi dan internet banking untuk lalu lintas pembayaran.
  4. Milikilah bidang usaha yang terfokus dan mudah untuk dikirim melalui jasa pengiriman. Disarankan, untuk barang yang dijual, harganya tidak lebih dari Rp 1 juta. Ini dimaksudkan untuk membina kepercayaan pembeli.
  5. Jenis usaha awal yang bisa Anda lakukan, misalnya jual pakaian, makanan ringan, perhiasan dan aksesoris, kerajinan, buku, kaset, dan lainnya. Atau, bisa juga Anda menawarkan produk dalam bentuk jasa tertentu.
Ada banyak cara membuat website toko online. Salah satunya, Anda bisa menggunakan tips berikut ini:
· Download panduan instalasi toko online di www.perantara.biz/pm
· Upload di website Anda (Menggunakan filezila. Download di filezilla-project.org)
· Masuk ke domain web Anda dan lakukan instalasi sesuai instruksi.
· Masuk ke admin toko anda. Lakukan update setting: seperti nama toko, logo toko, alamat toko, rekening   bank, cara belanja, syarat dan ketentuan.
· Masuk ke payment, pilih jenis mata uang yang digunakan beserta konversi (jika lebih dari 1 mata uang)
· Masuk ke katalog, tentukan kategori dan isi produk Anda dengan: gambar, keterangan, harga, dan diskon pembelian jumlah tertentu.
· Masuk ke shipping, dan setting nama wilayah, propinsi, jenis pengiriman, dan biaya kirim ke masing-masing wilayah.
· Masuk ke modules, aktifkan beberapa fitur dan konfigurasikan.
· Ubah gambar default, dan footer link.

Dari Majalah Pengusaha Muslim edisi perdana

No comments:

Post a Comment