"Entrepreneur"

"Entrepreneur" adalah sebuah kata serapan dari bahasa inggris yang berarti orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Ini adalah pengertian menurut website wikipedia yang menjadi rujukan dan bisa dikatakan sebagai "kamus besar" dunia karena semua orang bisa ikut berkontribusi didalamnya. Secara umum, Entrepreneur dapat diartikan pula sebagai Pengusaha.

Entrepreneur saat ini sangat gencar didengungkan oleh berbagai kalangan baik professional, mahasiswa, pelajar, bahkan sampai ranah rumah tangga. Digadang bahwa dengan Entrepreneur akan mampu menjadikan seseorang sukses secara finansial dan bahkan mampu menjadi tabungan untuk masa depan kelak. Mengapa begitu? Jawabannya adalah karena bidang ini menjadikan seseorang mandiri dalam berusaha -meski tidak secara mutlak- sehingga kebergantungan kepada orang lain dalam hal ini "mencari pekerjaan" baik di instansi pemerintah, perusahaan, usaha perorangan dan sejenisnya menjadi berkurang bahkan tidak ada. Hal ini timbul pada seorang Entrepreneur disebabkan ia akan berusaha "membuat" lapangan pekerjaan baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Dengan kemandirian dan kepemilikan usaha pribadi secara manusiawi seorang Entrepreneur akan lebih fokus dan total dalam mengembangkan diri.


Dewasa ini banyak sekali kegiatan seputar Entrepreneur yang dibuat oleh masyarakat. Seminar, workshop, pelatihan, talkshow dan bentuk lainnya yang sangat beragam. Kemasannya pun dibuat bombastis dengan rangkaian kata "nyeleneh" sebagai temanya. Cara Gila Sukses, Keluar Kotak Pengkungkung, Bosan Jadi Pegawai, Pengusaha Nekad  dan tema lainnya yang bikin penasaran. Tak tanggung-tanggung, kadang sebuah kegiatan yang menghadirkan Entrepreneur sukses mematok harga tiket masuk yang tinggi. Uniknya hampir semuanya sukses terselenggara bahkan pendaftar sampai membludak. Inilah salah satu bukti nyata betapa antusiasmenya masyarakat kita untuk mandiri.

Mengikuti trend yang booming tersebut, web ini akan ikut menyemarakkan dunia Entrepreneur, utamanya di dunia maya yang tanpa batas dan teus berkembang ini. Melalui goretan pena yang muncul dari ide dan juga tulisan professional dari sebuah "Majalah Entrepreneur" yang telah mengijinkan kontennya untuk di publish melalui web. Semoga hal ini bisa memberi manfaat bagi para pengunjung untuk meningkatkan skill Entrepreneurnya.

No comments:

Post a Comment