Inisiasi Entrepreneurship

Inisiasi Entrepreneurship

Inisisasi
adalah sebuah istilah yang bermaksudkan sebuah permulaan. Permulaan apapun juga. Karena segala sesuatu di bumi selalu ada permulaannya. Awal sesuatu lahir, awal sesuatu ada, selalu ada permulaan. Begitu juga dengan entrepreneurship yang ada sekarang ini. Pasti tentunya ada permulaannya.

Disini akan kami ketengahkan sebuah tulisan dari sebuah majalah pengusaha nasional terkemuka dalam pengantar redaksinya di edisi perdana. Sebuah tulisan yang sarat akan makna dan barangkali bisa menjadi inspirasi bagi kita ketika menginisiasi sesuatu hal yang positif. Utamanya dalam bidang entrepreneurship. Berikut ini kata pengantar tersebut.

***

SEBUAH LANGKAH AWAL

Manusia harus makan, untuk hidup. Karena kehidupan menjadi modal paling utama bagi manusia untuk mewujudkan kehendak jiwanya. Untuk itu, seorang manusia dituntut untuk melakukan sebuah aktivitas, guna mendapatkan makanan atau uang yang bisa digunakan untuk membeli makanan. Ada yang menjadi pengusaha, ada pula yang menjadi karyawan.

Menjadi karyawan biasanya dipilih karena ketidakmampuan seseorang menjadi pengusaha. Entah karena tidak punya modal, hingga alasan tidak memiliki kemampuan dan keberanian. Jadi, para pengusaha adalah para pemberani? Benar, bila kita menjadi karyawan resiko dan tanggungjawab yang diemban tidak sebesar menjadi seorang pengusaha. Menjadi pengusaha lebih akrab dengan kesusahan dan kesulitan, dibanding menjadi seorang karyawan. Sesuai dengan hukum alam, sesuatu yang dicapai dengan berbagai kesulitan dan kesusahan biasanya akan mendapatkan nilai yang lebih dibanding dengan sesuatu yang dicapai tanpa ada perjuangan, kesusahan dan kesulitan. Begitu juga seorang yang beriman akan diuji dengan berbagai cobaan. Semakin tinggi iman seorang, tentu ujiannya pun semakin berat. Lihatlah ujian yang diterima para nabi dan rasul, tentu tak sebanding dengan ujian kita selaku orang-orang yang lemah iman.

Artinya, dengan menjadi pengusaha insyaallah kita akan mendapatkan kelebihan dan kemuliaan di dunia dan akhirat. Dengan catatan, bila kita lalui semuanya dengan ketakwaan kepada Allah. Karena kita terlahir sebagai muslim. Maka aturan dalam berusaha juga wajib berdasar kepada sumber hukum Islam, yaitu Al Quran dan As Sunnah. Dalam jaman seperti sekarang ini, Islam dengan syariatnya yang begitu indah dan mulia masih belum banyak dipahami oleh umat Islam sendiri. Untuk itu, salah satu tujuan hadirnya Majalah “Pengusaha Muslim” ini adalah mengenalkan berbagai syariat yang berkenaan dengan dunia usaha. Selain itu, ingin mencetak dan membekali para pengusaha dengan wawasan, tuntunan hingga strategi guna menghadapi dunia usaha berikut dinamikanya.

Akhirnya, kami berharap dukungan para pembaca yang budiman, agar majalah ini mampu mewujudkan berbagai cita-citanya yang mulia. Dan perlu diketahui bahwa majalah ini merupakan bagian proyek sosial. Karena keuntungan dari hasil penerbitan majalah ini seluruhnya akan disumbangkan untuk kegiatan sosial dan dakwah islamiyah, subhanallah. Semoga Allah menolong usaha mulia ini dan menjaga kita agar selalu bertakwa kepada-Nya. Amin.

sebuah kutipan dari majalah PM Edisi 01 Volume 1

No comments:

Post a Comment